Festival Laskar Pelangi Digelar 27-29 Agustus 2015

Kamis, 13 Agustus 2015 - 13:30 WIB
Festival Laskar Pelangi...
Festival Laskar Pelangi Digelar 27-29 Agustus 2015
A A A
BELITUNG - Festival Laskar Pelangi (FLP) kembali digelar di Pulau Belitung pada 27–29 Agustus 2015. Acara yang penuh akan makna sastra, budaya, pendidikan dan pesan kemanusiaan ini juga akan berlangsung di Museum Kata Andrea Hirata, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur dengan menghadirkan 70 penari anak-anak.

Dikutip dari Indonesia Travel, dengan mengusung konsep tarian dalam balutan aspek sastra dan musik terutamanya puisi dan jazz. Acara ini juga akan diramaikan oleh 50 penari dari Sanggar Tari Belitong Lesong Batang, penampilan Elektra (violon, viola, dan cello), serta penampilan Meda yang akan menyanyikan lagu Laskar Pelangi.

Sebagai ikon FLP, tarian pendulang timah akan dimainkan secara teatrikal oleh ratusan anak-anak sekolah. Mereka mewarnai tubuhnya untuk kemudian melakukan serangkaian gerakan tarian, yaitu: gerakan serempak sambil berteriak 'kung kang kung', gerakan sambil mendesis seperti ular, lalu teriakan 'hee, haa' secara berulang-ulang, dan gerakan terakhir membuat formasi seperti rantai yang menggambarkan interaksi anak-anak.

Atraksi selama setengah jam itu akan diakhiri dengan aksi duduk di depan panggung utama FLP Puisi dan Jazz.

Tariannya pendulang timah menggambarkan warga Belitung yang merupakan penambang kemudian perlahan hasil bumi tersebut habis dan warga mulai berlaih profesi. Sisi lain yang tersirat dari tarian ini adalah bagaimana nasib pendulang timah anak-anak. Dimana dari SMP, mereka sudah mendulang timah dan malas bersekolah karena sudah dapat mencari uang sendiri.

FLP pertama kali dicetuskan oleh penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Tujuannya untuk melestarikan semangat dan nilai-nilai moral yang dipesankan dalam novel dan film tersebut, sekaligus menjadi ajang melestarikan sastra dan budaya serta kesenian Belitung. Diharapkan FLP mampu mendongkrak popularitas pariwisata Belitung yang tengah berkembang pesat.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)